WanToKnow

January 3rd, 2010

Tugas Kelompok III

Posted by wandahrul in 3 Tugas Kelompok  Tagged

Question:

1. Bagaiman keberhasilan organizational learning dan networking dalam menunjang atau hasil dari implementasi KM di organisasi

 Jawabannya;

Keberhasilan organizational learning dan networking dalam menunjang atau hasil dari implementasi KM di organisasi berupa:

–          Keberhasilannya berupa terlaksananya dengan cepat proses knowledege management di organisasi yang berupa sharing knowledge di dalam organisasi serta mudahnya sebuah organisasi dalam akses knowledge management yang ada.

Berupa:

  1. Customer  FedEx bisa mengecek paketnya ada dimana. Pada intinya mempermudah customer dalam memesan, paket proses pelacakan dan pemantauan.
  2. Kemampuan FedEx untuk berbagi informasi  antara operasi / departemen dalam perusahaan dan antara organisasi-organisasi untuk menghasilkan efisiensi operasional, mengurangi biaya dan meningkatkan layanan pelanggan adalah utama terobosan untuk mengekspresikan industri transportasi.

 –          Hasil dari organizational learning direalisasikan oleh FedEx berupa penambahan divisi baru dan pembaharuan nama perusahaan/divisi sesuai tujuan bisnisnya yang berupa knowledge goalnya pada masing-masing pembaharuan. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada tahun 1999 dimana FedEx diklaim sebagai perusahaan yg menawarkan ‘total one-stop shopping’ untuk solusi pada semua tingkatan rantai pasokan.

 2. Berikan gambaran umum seperti apa bentuk dashboard knowledge management untuk lini-lini yang ada diperusahaan tersebut. (dengan gambar yang mendukung akan lebih baik)

 Jawabannya:

–          FedEx memberikan fasilitas-fasilitas yang mempermudah serta mempercepat Customer dalam pencarian atau pelacakan barang   ”Track by Tracking Number”.

Dimana telah tersedianya kode-kode tertentu yang dibuat oleh FedEx dalam mempermudah pelacakan barang.

“Enter any combination of up to 30 FedEx tracking, or Door Tag numbers: (one per line) You can also track FedEx Office orders by entering order numbers.”

Customer diminta memasukkan kombinasi number kemudian akan ditampilkan barang tersebut telah sampai di daerah mana.

 –          Dapat juga dilakukan via Referensi dan juga E-mail.

–          FedEx juga memberikan knowledge tentang InSight, Trade Networksnya serta Wireless Solution.

 3. Apa saja nilai-nilai KM dan pembelajaran yang didapat dari kasus yang ada

–          Penentuan knowledge goal sangat penting untuk menetukan arah bisnis.

–          Untuk membangun sebuah KM dibutuhkan peran infrastruktur yang mendukung KM tersebut.

–          Identifikasi dan acquisition knowledge yang dimiliki perusahaan sangat berpengaruh dalam membangun sebuah KM.

–          Berdasarkan knowledge goal, identifikasi, dan acquisition dapat dilakukan KM development sesuai dengan KM goalnya.

–          Pembuatan Digital Dashboard dan Portal (advance dashboard to view KM) yang baik sangat membantu customer untuk mendapatkan informasi sebuah organisasi/ perusahaan.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: