WanToKnow

January 3rd, 2010

Case V : Strategi Pemberdayaan UKM Melalui Pengelolaan Knowledge Management

Posted by wandahrul in 5 Case Kowledge Management

UKM

Menurut situs http://batampos.co.id, perlu dilakukan beberapa upaya untuk mendukung dan mendorong kemajuan UKM, terutama dalam pemanfaatan Knowledge Management, yaitu dengan meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) agar secara intelektual siap dan mampu bersaing, dan mengefektivkan sumber daya alam (SDA) dan SDM sehingga mampu dan memiliki daya saing. Salah satu unsur yang sangat mendukung terhadap kualitas knowledge management adalah pemanfaatan teknologi informasi di perusahaan secara optimal.

Menurut Ina Primiana dalam http://perpustakaan.bappenas.go.id, alokasi anggaran untuk usaha kecil dan menengah cukup besar dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah di setiap daerah. Banyak program untuk memberdayakan UKM sejak hampir 20 tahun lalu, meskipun hasilnya belum menggembirakan. Perlu dicari format baru yang berbeda dari sebelumnya agar UKM tidak stagnan. Kemampuan sebuah perusahaan UKM dalam penyerapan/penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dikaitkan dengan tingkat perkembangan dari keempat komponen teknologi tersebut di dalam perusahaan tersebut.

Seperti yang dapat dikutip dari Gauthama, 1999 dalam http://www.smecda.com, keempat komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  • perangkat manusia (SDM), yakni penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku serta etos kerja;
  • perangkat teknis antara lain mesin dan peralatan yang diciptakan/direncanakan untuk peningkatan nilai tambah atau produktivitas;
  • perangkat organisasi yang memungkinkan terjadinya peningkatan kinerja dan produktivitas terhadap organisasi ;
  • perangkat informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi yang diterapkan, antara lain yang menyangkut data dasar (database), yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan dan sasaran pemanfaatan pengetahuan dan teknologi.

Untuk peningkatan teknologi informasi, UKM perlu memanfaatkan ICT untuk meningkatkan daya saing perusahaan, mengingat di era globalisasi ini arena persaingan menjadi sangat kompetitif, dan bersifat global/ mendunia, usaha kecil dan menengah (UKM) harus mampu bersaing di tengah persaingan ini,untuk itu diperlukan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Agar dapat bertahan di era persaingan ini, usaha kecil dan menengah (UKM) perlu memikirkan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan untuk mendapatkan peluang ekspor dan juga peluang bisnis lainnya. Salah satu strateginya adalah menggunakan Information and Communication Technology (ICT), karena pemanfaatan ICT bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dapat meningkatkan daya saing yang dimiliki perusahaan untuk mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis.

Sumber:

http://mdany-simeb.blogspot.com/2007/09/kemampuan-ukm-dalam-penerapan-knowledge.html

Tanggapan:

Tujuan utama dibangunnya Knowledge Management di UKM adalah:

Meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) agar secara intelektual siap dan mampu bersaing, dan mengefektivkan sumber daya alam (SDA) dan SDM sehingga mampu dan memiliki daya saing.

Salah satu unsur yang sangat mendukung terhadap kualitas knowledge management adalah pemanfaatan teknologi informasi di perusahaan secara optimal.

Komponen yang dibutuhkan:

  1. perangkat manusia (SDM), yakni penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, perilaku serta etos kerja
  2. perangkat teknis antara lain mesin dan peralatan yang diciptakan/direncanakan untuk peningkatan nilai tambah atau produktivitas
  3. perangkat organisasi yang memungkinkan terjadinya peningkatan kinerja dan produktivitas terhadap organisasi
  4. perangkat informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi yang diterapkan

Untuk dapat membangun sebuah Knowledge Management yang baik dalam UKM, yang perlu diperhatikan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada sudah bisa belum untuk dapat menularkan knowledge yang dimiliki sehingga dapat menjadi sebuah strategi bisnis yang dibutuhkan dalam mengembangkan UKM tersebut. Tidak terlepas dari peran pemerintah, yang menjadi fasilitator untuk memberikan infrastruktur yang dibutuhkan UKM dalam menyalurkan knowledge yang dimiliki maupun memperoleh knowledge yang ada.

One Response to ' Case V : Strategi Pemberdayaan UKM Melalui Pengelolaan Knowledge Management '

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to ' Case V : Strategi Pemberdayaan UKM Melalui Pengelolaan Knowledge Management '.

  1. wandahrul said,

    on January 2nd, 2010 at 2:46 pm

    Tanggapan saya:

    Menurut saya sangat diperlukan Knowledge Management yang memiliki srategi bisnis yang baik, sehingga UKM menjadi lebih baik lagi.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad: